Peran PR pada dasarnya adalah untuk
menciptakan saling pengertian (mutual
understanding) dan bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik,
meyakinkan, meraih simpati dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan
sesuatu sehingga membuat masyarakat mengerti dan menerima situasi tersebut. Tugas
PR adalah menginformasikan berita atau pesan kepada khalayak luas yang menjadi
sasarannya.
Demi menyelesaikan tugas-tugas
dan pekerjaannya dengan baik, baik dalam lingkup lokal maupun global, PR di
masa sekarang tidak hanya dituntut untuk menguasai beberapa bahasa dan strategi
pemasaran, tapi juga dituntut untuk dapat memahami perkembangan teknologi
komunikasi.
Adalah penting bagi seorang promotion manager/ AE/ PR untuk memahami sifat dan karakteristik media menjadi acuan dalam mengatur strategi pemilihan media promosi. Pemilihan media yang tepat sangat membantu perusahaan dalam melakukan prediksi peluang promosi setelah penetapan biaya promosi sehingga kegiatan promosi dapat berjalan efektif dan efisien. Pemahaman segmentasi pasar
juga sangat penting untuk menetapkan penggunaan media, bentuk visual dan
pesan iklan. Karena tiga hal tersebut sangat menentukan keefektifisan distribusi pesan kepada masyarakat
Internet membuat kerja praktisi PR masa kini mengalami perubahan yang sangat luar biasa. Fenomena media sosial seperti Facebook, Twitter, Plurk, dsb telah merubah perilaku konsumen yang kemudian berimbas pada perubahan di bidang PR.
Internet membuat kerja praktisi PR masa kini mengalami perubahan yang sangat luar biasa. Fenomena media sosial seperti Facebook, Twitter, Plurk, dsb telah merubah perilaku konsumen yang kemudian berimbas pada perubahan di bidang PR.
Dengan teknologi komunikasi, praktisi
PR dapat dengan mudah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumen
sasaran, klien, dan berbagai kantor. Penyebaran informasi dan kegiatan
kehumasan lain dapat dengan mudah dilakukan melalui media yang tersedia.
Transisi untuk komunikasi interaktif membutuhkan
perubahan dalam berpikir dan menciptakan peluang baru untuk membangun hubungan
antara organisasi dengan konsumen sasaran. Internet dapat menyampaikan
pesan dengan menggabungkan berbagai metode komunikasi: teks, audio, grafik,
gambar diam, animasi, dan video. Merupakan tantangan bagi PR profesional untuk menggunakannya bagi
keuntungan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar